Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Semalam sebelum tidur saya membuka-buka memori di kepala. Saya terkenang dengan buku catatan saya pas SD, semacam buku diari, tapi tidak untuk curhatan. Buku itu kertasnya berwarna biru kepink-pinkan, cewek banget ya. Hahaha.Β  Isinya lagu-lagu daerah yang saya temukan dari beberapa buku yang saya baca di perpustakaan sekolah.

Karena saya suka nyanyi (pas SD), makanya lirik-lirik itu saya tulis di buku. Kalau sedang luang atau kalau kebagian jadwal ke sawah, biasanya saya bawa buku terus nyanyi di pinggir wangan. Wangan itu semacam kanal yang airnya hanya ada ketika musim hujan datang atau biasanya dialiri air dari Waduk Pondok/Dero. Dan buku itu sudah raib entah kemana.

Kemudian saya teringat sesuatu, lagu Indonesia Raya itu aslinya 3 stanza/bait. Seingat saya di buku saya dulu tertulis lagu Indonesia Raya yang versi panjang. Lagu itu dulu tidak pernah dinyanyikan secara utuh di sekolah saya. Saya juga tidak ingat lagu itu saya temukan dari buku apa.

Selama ini yang saya hafal hanya bait pertama. Bait kedua dan ketiganya tidak hafal. Hanya ingin posting saja, barangkali ada teman-teman yang ingin bersenandung.

Baca-baca di internet kabarnya lagu versi panjang ini mulai disosialiasasikan di sekolah-sekolah bahkan mulai diwajibkan untuk dinyanyikan 3 stanza saat upacara bendera.

Saya kutip lirik resmi tahun 1958 dari koran Jawa Pos terbitan 05 Agustus 2017.

Selamat bernyanyi~

 

Lirik resmi (1958)

INDONESIA RAJA

Ciptaan : W.R. Supratman / Wage Rudolf Supratman

 

Stanza 1
Indonesia tanah airku,
Tanah tumpah darahku,
Disanalah aku berdiri,
Djadi pandu ibuku.

Indonesia kebangsaanku,
Bangsa dan tanah airku,
Marilah kita berseru,
Indonesia bersatu.

Hiduplah tanahku,
Hiduplah neg’riku,
Bangsaku, Rajatku, sem’wanja,
Bangunlah djiwanja,
Bangunlah badannja, Untuk Indonesia Raja.

Stanza II
Indonesia, tanah jang mulia,
Tanah kita jang kaja,
Disanalah aku berdiri,
Untuk s’lama-lamanja.
Indonesia, tanah pusaka,
P’saka kita semuanja,
Marilah kita mendoa,
Indonesia bahagia.

Suburlah tanahnja,
Suburlah djiwanja,
Bangsanja, Rajatnja,
sem’wanja, Sadarlah hatinja,
Sadarlah budinja,

Untuk Indonesia Raja.

Stanza III
Indonesia, tanah jang sutji,
Tanah kita jang sakti,
Disanalah aku berdiri, Ndjaga ibu sejati.

Indonesia, tanah berseri,
Tanah jang aku sajangi,
Marilah kita berdjandji,
Indonesia abadi.

S’lamatlah rakjatnja,
S’lamatlah putranja,
Pulaunja, lautnja, sem’wanja,
Madjulah Neg’rinja,
Madjulah pandunja,
Untuk Indonesia Raja.

Refrain:

Indonesia Raja, Merdeka, merdeka,
Tanahku, neg’riku jang kutjinta!
Indonesia Raja, Merdeka, merdeka,
Hiduplah Indonesia Raja

Advertisements

31 thoughts on “Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

  1. Iya, mbak Ikha, kmrin di skolah ada surat edaran terkait wajib menyanyikan syair Indonesia Raya itu 3 stanza. Memang gak biasa sih rasanya, soalnya slma ini kita udah terbiasa dg yg sring dinyanyikan (versi lebih singkat), sjak SD sy diajarkan itu sih.

    Tp sepertinya, di istana pun masih pke yg lama, πŸ˜€

    Liked by 1 person

    1. Selama ini sudah diterapkan juga Mas Des, pakai yang 3 stanza di sekolah ?
      Sama Mas Des, sejak SD diajarkan yang pendek juga saya.

      Nah, saya belum update yg di Istana, coba nanti tanya temen ah πŸ˜€

      Like

    1. Karena terbiasa yg versi pendek ya Bun πŸ˜€πŸ˜€
      Bun saya penasaran yang ngibar bendera, jadi gimana gerakannya ya? Lebih lambat atau tetep pake 1 stanza, sisanya berdiam diri.

      Liked by 1 person

  2. Jaman saya sekolah juga cuma diajarkan 1 stanza, hanya dulu pernah sih mendengarkan orang menyanyikan sampai 3 stanza, tp karena tidak disuruh menghafal waktu SD jadinya sampai sekarang ya tidak hafal.
    sampai skrg di sekolahku jg masih spt biasa, meskipun dengar2 sdh ada edaran itu tp belum baca sendiri,

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s